Sunday, December 8, 2013

Jadi Anggota Perpusnas Kenapa Engga?




Hai semuanya sudah lama saya gak update blog karena kesibukan kuliah semester akhir yang lumayan menyita jadii mohon dimaafkan ya. Update blog terakhir saya adalah mengenai 30 days blog challenge yang hingga saat ini belum berhasil saya selesaikan. I will tapi saya akan selesaikan dengan cara yang berbeda. Dari ke- 30 tantangan nge-blog tersebut akan saya pilih sisanya dimana tema yang kira-kira menarik akan saya posting he he. Untuk postingan kali ini saya gak akan menyelesaikan challenge tersebut tapi akan bercerita mengenai kunjungan saya ke Perpustakaan Nasional.

Kunjungan ke perpustakaan nasional ini adalah pertama kalinya bagi saya, padahal Sudah empat tahun tinggal di Jakarta tapi cuma melewati gedung tersebut ketika pulang kerja. Berhubung saya memerlukan bahan bacaan untuk tesis maka berinisiatiflah saya mengunjunginya. Perpustakaan nasional memiliki dua lokasi yang berbeda. Lokasi perpustakaan nasional pertama yang merangkap kantor pusat berada di Jalan Salemba No.28A, Jakarta Pusat. Sedangkan lokasi ke dua berada di Jalan  Merdeka Selatan No.11, Jakarta Pusat. Lokasi kedua perpusnas ini (perpustakaan nasional.red) berada tepat di sebelah kantor gubernur DKI Jakarta loh. Jadi sekalian baca buku bisa silaturahmi sama Pak Jokowi he he he.

perpusnas Pusat di jalan salemba


Sebelum berkunjung ke perpusnas  saya sempatkan browsing  dahulu mengenai tata cara meminjam buku disana. Dari beberapa telusuran yang saya dapatkan untuk membaca koleksi perpusnas kita diharuskan memiliki kartu anggota. Beruntungnya keanggotaan di perpusnas dapat diperoleh secara gratis dengan langsung mengunjungi perpusnas pusat atau mendaftar online



Berhubung dari bandung dan gak pengen ribet, malam sebelumnya saya daftar online untuk keanggotaan. Caranya kita kunjungi laman perpusnas disini www.pnri.go.id. Di bagian sebelah kanan laman kita klik tulisan anggota yang akan membawa kita ke laman selanjutnya yang berisikan syarat menjadi anggota dan form pendaftaran. Setelah form pendaftaran diisi dan terekam oleh data base perpusnas kita akan mendapatkan nomor anggota perpustakaan. Tapi nomor keanggotaan tersebut harus diaktivasi dengan datang langsung ke kantor perpusnas di salemba. Jadi bagi yang mendaftar keanggotaan secara online jangan lupa print nomor registrasinya.

registrasi keanggotaa online saya


Bagi saya pribadi cara ini lebih cepat. Sebab setelah sampai di salemba dapat langsung  menyerahkan form registrasi tersebut kepada petugas, menunggu sebentar, difoto, dan gak perlu waktu lama kartu anggota kita sudah jadi. Saya pribadi ditawari untuk menjadi anggota e-resources yaitu layanan yang diberikan oleh perpusnas untuk bisa mengakses website jurnal terkemuka seperti EBSCO, Proquest dan sebagainya. Kalau saya pribadi sih mengiyakan (ya iyalah) berhubung butuh bahan bacaan dari jurnal. Layanan e-resources ini gratis namun untuk bisa mengaksesnya kita akan diarahkan oleh petugas disana terlebih dahulu baru kemudian dipersilahkan untuk mendaftar keanggotaan e-resources. Menurut informasi yang di berikan, dibutuhkan 1-2 hari agar layanan ini bisa digunakan. Sama halnya dengan keanggotaan perpustakaan keanggotaan e-resources berlaku hingga 5 tahun . Layanan e-resources ini bisa diakses tidak hanya dari perpusnas tapi bisa dari rumah atau tempat lainnya yang menyediakan layanan internet.



Ruang Administrasi Keanggotaan




Bagi yang ingin mendaftar dan berdomisili di Jakarta dan sekitarnya serta memiliki waktu luang tidak ada salahnya untuk mendaftar langsung ke perpusnas di jalan salemba ini. Prosedurnya kurang lebih sama dengan cara online. Untuk memudahkan pendaftaran pihak perpustakaan menyediakan komputer untuk menginput data. Jangan lupa catat nomor anggota yang diberikan setelah selesai registrasi. Setelahnya lapor pada petugas di ruang keanggotaan, dan gak menunggu lama kartu kita sudah jadi dan bisa langsung digunakan



Daftar di perpusnas langsung? bisa

Mudah-mudahan postingan saya kali mengenai perpusnas bisa bermanfaat bagi yang membaca. Rencananya akan ada  postingan mengenai  perpusnas lagi, tapi mungkin di lain waktu yaa soalnya kemarin saya cuma bisa berkunjung ke salemba dan aktivasi kartu anggota saja. Jadi doakan rencana tersebut terwujud. See you…

No comments:

Post a Comment